Siapa sih yang mau kena pelanggaran hak cipta?

Disaat akses internet semakin mudah, persoalan manusiapun seharusnya menjadi lebih sederhana bukan? Semisal mendapatkan gambar atau foto yang bagus dari Internet tanpa terkena pelanggaran hak cipta.

Tahukah kamu bahwa gambar dan foto yang tersebar di internet ada kemungkinan dimiliki seseorang dan dilindungi oleh hak cipta?

Dengan hak cipta ini, pihak yang memilikinya bisa mendapatkan pelindungan penuh untuk karya yang sudah diciptakan. Jadi, pihak lain tidak diperbolehkan menjiplak dan memakai desain tersebut, atau jika tetap menggunakan tanpa izin, masalah hukum akan menghantam mereka.

Apakah semua foto dan gambar yang didownload, perlu kita bayar atau meminta izin kepada pemiliknya?

Jawabannya adalah tidak semua. Ada beberapa yang memang diperjualbelikan, namun ada juga yang bisa di download secara gratis, untuk menghargai karya, biasanya saat gambar dipergunakan, kita mencantumkan sumber.

Dari artikel ini, Kamu tidak perlu khawatir terkena pelanggaran hak cipta, dan bisa menggunakan gambar tanpa mencantumkan sumber loh!

Ada 3 website pilihan dari redaksi tokopresentasi.com dan soralearning yang bisa kamu gunakan untuk mendownload gambar ataupun foto. Check it out!

1. Pixabay.com

Koleksi foto di website ini bisa dibilang cukup lengkap. Bukan hanya foto organik yang bisa didapatkan, vektor dan illustrasi juga tersedia di website ini . Jadi, ubah kebiasaan mencari gambar di google tanpa disaring ya.

2. Unsplash.com

“Do whatever you want” merupakan jargon dari situs web unsplash.com. Dengan kata lain, tak ada batasan untuk mengambil foto untuk keperluanmu. Carilah foto yang cocok untuk mendukung presentasi atau tugasmu, kamu juga bisa mencari inspirasi dari foto-foto yang sangat bagus di website ini.

3. Gratisography.com

Website ini memberikan akses kepada foto-foto high resolution secara cuma-cuma. Kumpulan foto yang diambil oleh fotografer Ryan Mc Guire ini bisa dikatakan cukup lengkap dan unik. Pasalnya, banyak sekali foto-foto berkualitas tinggi yang tidak muncul dalam situs unsplash.com dan pixabay.com. Walaupun kelengkapan fotonya masih kalah jika dibandingkan dengan dua website sebelumnya.

Mulai sekarang, ubahlah kebiasaan lama dengan mengganti gambar yang bebas dari copyright. 3 website diatas bisa menjadi titik start untuk bertransformasi menjadi lebih profesional!