Menyampaikan informasi tidak melulu harus disampaikan secara langsung, namun juga bisa melalui sebuah medium. Mengemas informasi menggunakan medium atau media digital kemudian menjadi lebih relevan untuk digunakan mengingat sebagian besar orang telah terhubung dengan jaringan internet, dimana kapanpun dan dimanapun mereka bisa terpapar informasi.

Kebutuhan akan penyajian informasi yang menarik menjadi penting untuk dilakukan banyak orang. Penyajian informasi ini dapat dilakukan dengan membuat Video Animasi, baik itu yang 2D ataupun 3D.

Video Animasi 2D merupakan kumpulan gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi yang membentuk sebuah pola, yang mana terkandung pesan atau makna didalamnya. Video Animasi 2D biasanya digunakan untuk kebutuhan bisnis, non bisnis atau bahkan untuk keperluan personal.

Proses Pembuatan Video Animasi

Pembuatan video Animasi 2D pada dasarnya menempuh beberapa tahapan yang cukup rumit yang mencakup seluruh proses sebelum dan setelah produksi, maka tidak jarang proses pembuatan video Animasi 2D membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan proses pembuatan video pada umumnya.

Video Animasi 2D atau yang dipahami sebagai video animasi bergerak dalam proses pengerjaannya membutuhkan strategi khusus agar video yang dihasilkan menarik dan mampu menyampaikan pesan yang diinginkan. Animasi yang dihasilkan dapat dikatakan berhasil, jika orang yang menontonnya mampu menangkap isi pesan dalam video Animasi 2D tersebut.

Ketika sebuah video dihasilkan, baik untuk di televisi ataupun medium lainnya, setidaknya video animasi memiliki satu atau beberapa tujuan seperti menyampaikan informasi produk atau perusahaan, presentasi ide, tujuan marketing atau tujuan-tujuan lainnya.

Secara umum, proses pembuatan Animasi 2D dapat dimulai dari pembuatan konsep. Perusahaan harus menentukan tujuan dari penciptaan sebuah video Animasi 2D. Setelah menetapkan tujuan pembuatan video, barulah proses pencarian ide video animasi 2D dimulai. Menemukan ide yang kreatif bukanlah hal yang mudah, pencarian ide ini bisa memakan banyak waktu dan diskusi yang panjang. Ide kemudia akan disesuaikan atau menyesuaikan dengan kemampuan merealisasikan ide tersebut yang didalamnya berkaitan dengan eksekusi desain.

Manfaat Video Animasi Bagi Keperluan Bisnis:

  1. Menjelaskan produk lebih menarik

Video yang dibuat secara sistematis dengan pemilihan animasi yang tepat mampu menghasilkan suatu informasi yang jelas sehingga audiens memiliki gambaran umum tentang produk yang dipasarkan dan penggambaran informasi yang menarik akan membuat mereka ingat dengan produk yang di promosikan.

  1. Menciptakan branding serta ketertarikan pada produk

Video animasi explainer menjadi branding pertama sebuah produk, citra produk bisa terbentuk melalui video ini, dan menggunakan video explainer yang disajikan melalui animasi dengan porsi yang tepat memungkinkan audiens pada akhirnya tertarik untuk menggunakan produk yang di tawarkan.

  1. Meningkatkan kunjungan website

Viralnya suatu video di sosial media pasti berbanding lurus dengan kunjungan pada website. Maka dari itu, semakin menarik suatu video akan semakin besar pula kemungkinan video tersebut menjadi viral.

  1. Membantu menyelesaikan masalah

Terkadang seseorang yang mendapatkan suatu masalah tidak mengetahui bagaimana masalah tersebut dapat terjadi dan bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Melalui video kita dapat menjelaskan suatu hal dan sekaligus melakukan promosi. Sekedar informasi, beberapa klien Tokopresentasi juga banyak menggunakan layanan video animasi untuk mengemas pesan-pesan yang rumit menjadi lebih mudah dimengerti.

  1. Shareble

Dibandingkan dengan postingan blog dan meme maupun gambar, video merupakan salah satu media komunikasi yang mudah dibagikan. Jadi cukup membuat video yang menarik, Kamu dapat membuat video bisnis tersebar dengan cepat.

Bagaimana? Video animasi bermanfaat bukan untuk bisnismu?